Hari Pancake Nasional!

Happy National Pancake Day!

Selama hidup hampir 7 bulan di Amerika, salah satu hal yang unik adalah banyaknya perayaan-perayaan ajaib yang saya heran bisa-bisanya diperingati. Yang penasaran dengan betapa ajaibnya daftar hari nasional bisa mampir ke website nationaldaycalender.com nih saya cantumkan sedikit list hari nasional yang diperingati HANYA dari tanggal 1 sampai 5 di bulan Maret.

March 1

March 2

March 3

March 4

March 5

Alay banget ga seeehhh??? hahahaha tapi yah begitulah disini semuanya serba dirayakan. Berbagai latarbelakang bisa ditelusuri, yah salah satunya adalah “motif kapitalis” dimana pada hari tersebut orang akan berbondong-bondong membeli produk tertentu sebagai bentuk perayaan. Tapi tak semuanya begitu. Budaya memberikan donasi yang kuat juga turut mewarnai aksi peringatan hari-hari nasional ini. Misalnya saja hari ini IHOP, restaurant yang menjual aneka jenis sarapan ala Amerika super yummy, menetapkan moment ini sebagai kegiatan amal terbesar mereka. Lebih dari 1500 cabang IHOP diseluruh penjuru Amerika menyajikan menu andalan buttermilk pancake secara gratis kepada seluruh pengujung mulai jam 7am – 10pm alias seharian penuh. Sempat kami bergumam, ini rugi ga sih bikin beginian? Tapi rugi ataupun untung itu urusan yang punya. Yang jelas strategi ini sukses besar! Tagline How to get free pancakes and change the world berhasil menarik orang berbodong-bondong datang. Antian panjang di sore yang dingin menusuk pun dijabanin puluhan hingga ratusan orang yang datang silih berganti.

Selama hampir 10 tahun melakukan perayaan ini, IHOP telah berhasil mengumpulkan donasi dari pengunjung sebesar $16.000.000 alias 16 million dollars. Selain dapat menikmati pancake gratis, pengunjung yang datang juga dihimbau memberikan donasi yang sebagian besar disalurkan bagi organisasi pengelola Children’s Miracle Network Hospitals.

Bagi pengunjung pada umumnya, setiap kata FREE selalu menyimpan makna magis dengan daya tarik luar biasa. Meskipun mungkin saja besar donasi yang diberikan jika dihitung-hitung lebih besar dari harga pancake itu sendiri, namun strategi giving small positive thing ini tetap saja menguntungkan. Umum dan wajar sekali memberi dengan menerima. Saya kasih terus untungnya buat saya apa? Yah at least ada dong ya imbalan buat saya. hahaha…  Itulah manusia kali yeee… At least mereka ngasih sesuatulah ya…

Namun…

bagi kami mahasiswa, perayaan ini bermakna sangat sederhana. Sesederhana melumat pancake lembut, nikmat nan gratis serta hang out bersama teman-teman turut meramaikan suasana. Wuuuuu!! Waktu dan usaha juga memberi sesuatu lho ya! Iya ga? Iya kalii? Iya dongg. Mahasiswa oh Mahasiswa … Dimana-mana juga tetep sama aja prinsipnya “Kalau ada yang gratis, kenapa tidak?”

bweeee… :p

Sang Pelahap Cilik (gambar 1)

(Sumber gambar 1) : http://www.csmonitor.com/Business/The-Bite/2015/0303/IHOP-National-Pancake-Day-How-to-get-free-pancakes-and-change-the-world

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s