Berkat di Tanah Kering

Maaf beribu maaf kalo ntar isi tulisan ini lebih banyak keluh kesahnya. Bukannya ga mau bersyukur tapi gimana kita tau rasa bahagia kalo ga pernah sedih ? gimna mau tau rasanya disembuhkan kalo ga pernah sakit ? gimana  kita bisa tau rasa bersyukur kalo tidak pernah berkeluh kesah ? iya tak ? Gampang banget bersyukur ketika keadaan sedang baik-baik, segala sesuatu berjalan sesuai dengan rencana kita. Nah, yang susah itu kalo pada situasi dimana kenyataan tidak sesuai dengan apa yang sudah kita rencanakan. Ekspektasinya 100, ehhh dapetnya 50 ato bahkan hanya 10 doang.

Arrgghhh Dongkol berattt … *^( ^$*#(#!@!#$#^%#%@#@$

phewwwww

Berhubung lagi nih ya, karena dikuliahan kita kan uda diajarin berpikir runtut bin sistematis nah sekarang gue bakalan kasitau dulu nih hal-hal apa yang memicu kedongkolan gue, sekali lagi bukan dalam rangka bersungut-sungut tapi lagi mempraktekan pola pikir ilmiah nih, pemaparan fakta-faktanya duluu ( eleh-eleh bawel amat yaaa langsung tulis aja napa ?? :p) tapi ntar ending-endingnya juga bakalan ada ucapan syukur karena tetep masi bisa idup n nulis setelah masa-masa ga enak itu terjadi.

Weekend yang sudah terancang dengan sempurna harus rela gw dadahbubye karena cuaca yang panaaasssss … Ga pake kira-kira lho kalo siang-siang disini sinar mataharinya bisa nusuk ampe ke tulang-tulang. Pernah sekali waktu masih awal-awal kepulangan, gue tiap hari harus keluar rumah dari pagi sampe siang naek Jupe merahnya etin keliling kota. Keliling bukan dalam rangka refreshing tapi emang tempat yang mau saya kunjungi itu berada di 4 titik yang berbeda, utara-selatan-barat-timur. Alhasil dalam waktu kurang dari 2.5 jam gw udah sukses tapaleuk (taputar) kota Kupang. Yang bikin ga tahan lagi itu ulah pengguna jalanan yang seenak udelnya. Benerannya beda bangen sama 4 taon lalu, sekarang tuambahh rame ya motor ya mobil apalagi bemo2nya yang gaul gilaa (suwer, angkutan umum paling keren se Indonesia dahh )

Bemo Gaul gilaaaaa

Heboh yaaa 🙂

Nah sangking ketatnya persaingan memperebutkan penumpang, bemo-bemo gaul itu suka mendadak melambung trus langsung rapat kiri. Alhasil kita kudu siap2 rem cakram kalo ga mau nyium pantat tuh bemo-bemo, biarpun gaul gilaa, gw tetep ogah nyium pantat bemo. Udah lolos nyium pantat bemo depan kita jangan kira uda bisa tenang, kita juga harus waspada jangan sampe kecium ama kendaraan yang dibelakang. Terhitung gw pernah 2 kali dicium pelan (ga pake istilah tabrak krn konotasinya negatip) dari belakang karena berhenti akibat ulah mobil depan yang mendadak berhenti. Trus ada lagi ade-ade yang mulai beranjak remaja yang belajar ugal-ugalan di jalan. Udah ga pake helm, kaki nya juga mungkin belon nyampe tapi bisa2nya melambung dgn kecepatan tinggi, n ngambil jalan bisa sampe 50% dari arah berlawanan doyannya nyalib nyalib ga pake perhitungan. Lagaknya uda kayak penguasa jalanan, pa lagi kalo udah pake helm yg happening banget *NK dan motor KING yang digeber-geber heboh. Banyak tuh kasus kecelakaan lalu lintas . Daaann itu semua terjadi di bawah kolong langit yang sedang disinari matahari siang yang terik gila-gilaan.

UUUUUUUHHHH.. MENDIDIHHHH … !!!

(” `з´ )_,/”(*_*!)

Pengennn banget keluar dari mulut ini kata-kata :

WOOOY!!!! !%$!*^#&%!#!)#^$%$*

tapi ditahaaaaaaaannnn aja.

Atau kalo ga turun dari motor trus ngelabrak dan tabok tuh supir2 ugal2an sama anak2 alus beranjak remaja itu dan diomelin sepuasnya. TAPIIII !!! Sama aja itu wasting time n cari-cari perkara. Lha iya kalo orang yg ditegur itu nyadar n terima nah kalo dianya juga nyolot ?? wahh rame! Masa besoknya harus liat nama gw keluar Koran gara-gara ribut dijalan? Hahaha ga bangettt… Alhasil biasanya separah-parahnya gw biasanya bunyiin klakson berkali-kali, ato cukup kasi tatapan tanpa ekspresi yang katanya kalo udah kayak gitu muka gw itu JUDES seJUDES-JUDESnya Pait sepait-paitnya.. hihihihi … gw sih ga percaya tapi apa boleh dikata kalo hasil musyawarah mufakatnya sepakatnya gitu.

Biasanya abis gitu mereka yg sadar klo salah biasanya langsung tau diri dengan cara ngeloyor pergi. Bawaannya tuh kalo dijalan jadinya kesel, geram, marah. Trus hati juga udah di set jadi keras (nah lho gimana tuh ?? ) maksudnya jadi keras itu gini, gw ga bakalan senyum ke orang dikiri kanan gw pas dilampu merah. Awal-awalnya gw kalo dijalan ngeliat orang-orang kok mukanya pada tegang semua. Yah, sapa tau pas sebelum keluar ada yang lagi berantem sama orangtuanya lah suaminya lah paling gag gw bisa tebarkan sedikit bersukacita di hati mereka dengan berikan senyuman untuk mereka. Donor energi positif. Tapi kok ya lama-lama gw ngerasa ga ada gunanya melunakan hati seperti gitu dijalanan. Tetep aja pada ugal-ugalan sampe mau nyerempet gw segala. Masa mau gw kasih senyuman, ntar dia salah kaprah lagi kirain gw demen nyaris ditabrak kayak gitu. Ogah!

Yang suka bikin bête mampus lagi itu kalo diklakson mendadak super kencang sama bemo-bemo. Sekedar info, rata-rata bunyi klakson bemo-bemo gaul disini itu ga standar macam teeeettt gitu doang. Tapi lebih berupa melodi super heboh panjang. Turruuu tereeee turuuuu teereeee… (terjemahannya : teree boboo tere bobooo)  haha (haisss susah diverbalisasi) ada juga yang gini :  noottt nooottt nooooottt (whatever) yang bisa bikin tambah emosi lah intinya kalo dengernya itu pas lagi jelek suasana hatinya. Jadilah gw kalo dari luar rumah itu begitu sampe rumah berasaa capeekkk bangett. Capek hati, nahan emosi. Ga pengen ngomong banyak lagi trus badmood. (kaciaaaannn dehh)

Eits, nyambung yang tadi jadi selama seminggu itu tiap hari bolak balik kampus (jarak tempuh sekali jalan kira-kira 30 menit) dengan kecepatan tinggi trus singgah ke beberapa tempat lain. Suatu siang yang sangat2 terik di hari terakhir minggu kerja pulang sampe rumah kepala gw pusing berat, trus mual. Karena belom makan siang pula. Gw tidur aja, karena berasa badan udah mau kepisah-pisah. Mama panggil makan tapi gw ga mau. Tidurnya kayaknya 3 jam gitu, bangun-bangun bukannya tambah baik gue malah demam dan diare. Fiuhhhhhh.. asli kalo udah tepar gini, manja kolokan akutnya keluar.. ahahaha … :p minta ini minta itu, yg gosokin minyak kayu putih harus digosokin mama, dikit2 panggil mama dan seterusnya. Heran deh gw kenapa bisa gitu. :p kalo yang deket ma gw baru akan tau betapa menyebalkannya gw pas manjanya kumat. Ahahahaa…

Hmm, gw tepar tepat 2 hari penuh. Ga bisa kemana-mana makan ga enak tidur ga enak. Dan saat itu gw ngerasa sangat sengsara, bukan karena demamnya ato mules2nya tapi karena gw ngerasa GA BERDAYA. Yap, selama ini kan gw mau ngapain aja bisa keluar pagi malem2 baru pulang naek motor trus, makan apa aja bisa, secara fisik gw ngerasa soooo well dan sekarang gw harus terbaring lemah. Tapi disaat seperti itulah gw jadi ngerti (lagi) kalo emang gw itu lemah, sangat-sangattt lemah.

Kena panas dikit aja udah bisa langsung tepar 2 hari. Mana jago lu? Mana hebat lu? Mana perkasa lu ? kena itu aja langsung tepar. ini baru aja eminggu bolak-balik .. apa jadinya elu hidup bertaon-taon ?? katanya mau ngabdi buat kota lu ? mau berbuat “sesuatu” buat kota lu ?? mau liat ada transformasi buat kota lu ???? Manaaa ??? Sanggup lu ?? yakin ????

Doennggg …

LALU gw pun jadi bertanya-tanya dimana HATI gw yang katanya mengasihi kota gw ?

Pas masih di Salatiga begitu gw denger berita-berita ga soal kota gw, ya anak mudanya pemerintahnya atau siapapun gw bisa langsung sedih en nangis trus doain dengan hancur hati. Gw bertanya-tanya, kemana semangat 45 gw yang berhasil bikin gw milih balik ke kota gw dan ninggalin semua hal2 menyenangkan, comfort zone gw,  membuang kesempatan kerja di kota besar n jaminan financial yang lebih menjanjikan ??

😦 Beneran lho, gw empeeeet kagak bisa nonton seri terakhirnya Harry Potter di bioskop trus hanya bisa ngiler liat iklan pizza hut ato sekedar nongkrong makan ronde malem-malem. Juga ga punya lingkungan temen2 n orang2 yang bisa diajak diskusi, ngobrol, sharing secara “live” hehe (soalnya via media komunikasi masih tetep lancar tapi kan mau secanggih apapun teknologinya, ttp ketemu langsung itu ga bs digantikan). Temen-temen SMA gw ada tapi mereka juga lagi sibuk masing2 dan juga kita udah kepisah lumayan lama jadi tetep perlu adaptasi lagi.

Gw mikir, ngapaaaiinnnn gw disini ?? Ngapainn gw milih balik n milih pihak yang bikin emosi terusss. Kadang gw ngerasa terisolasi (hahaha leboooyy). Dan satu hal yang paling mengerikan gw sadar, kekesalan yang menumpuk-numpuk itu membuat gw kehilangan PASSION itu. gw kehilangan hati yang lembut yg bisa bikin gw nangis waktu tau fakta2 yang ga enak. Karena gw udah setting up buat keraskan hati gw! titik!

WHOOPPSSSSSSSS!!!

Gw lagi dalam status BAHAYAAA … Simple banget ya kayaknya, yah gw wajar dong marah kalo liat ada yang ugal-ugalan, emang uda sepantasnya gw “negor” orang yang iseng n seenaknya. BUT, efek nya sangat-sangat seriussss. Hati gw jadi dingin sama orang-orang kota gw. Gw kalo ngeliat anak-anak muda, asosiasinya langsung : “Huh, gengsian, sembarangan, bisanya bikin masalah doang, ga ada gunanya, maunya nampang sama harap gampang doang dll, tru kalo ngeliat anak-anak langsung muncul dikepala gw hedehhh anak-anak nakal , pada gak bisa diatur, suka ngelawan, jago ngebantah, perusak dll gw bawaan napsu pengen ngamuk kalo dijalan sama supir bemo yang sok jago.

Kalo hati gw dingin, sama aja gw ga ada passion n gw kehilangan visi gw. Dan kalo gw ga punya visi, trus ngapain gw idup ???????? huaaaaa … gw tambah depresi deh. :p hikhiks .. dan gw pun tertidur.

ZzzZZZZzzzz

dan sampai pada bisikan lembut ini …

“Tuhan akan menuntun engkau senantiasa dan akan memuaskan hatimu di tanah yang kering, dan akan memperbaharui kekuatanmu; engkau akan seperti taman yang dialiri dengan baik dan seperti mata air yang tidak pernah mengecewakan.”

– Yesaya 58:11

Paginya ayat saat teduh, sukses bikin gw galau sendu mellow (what else ??) banget dah … kayaknya emang tu ayat dibikin khusus buat gw.  hehe. Gw dapat janji yang baru, BAPA yang akan tuntun gw dan puaskan dahaga gw di tanah yang keringggg (emang lagi kering2nya kota gw, poon pada tinggal ranting semua) Yes yessss …

Dia tau gw lagi super duper exhausted dan ga berdaya, fisik dan mental. Dan gw akan di tune in lagiii!! Gw bakal di charge penuh. Bahkan gw akan jadi seperti taman yang dialiri dengan baik > segar, hijau, menyejukan ..  (180 derajat kebalik sama kondisi real gw kan ?? ) itu tuh hebatnya the words of God, jungkir balik “intimidasi” yang ga bener. Horeeee .. orang2 yang capek haus bakal ngerasa di recharge kalo ketemu / interaksi sm gw. Ennn Mata air yang tidak pernah mengecewakan, wuuwww … I am the source of water itself. Amiiinnnnnnn

Source of water .. yippieeee

Source of water .. yippieeee

asikkk asiiikk asiikkkkkkk

lanjut yaa … Soal hati gw yang terancam jadi kayak iglo di kutub utara sana yang bekuuu … juga kagak luput dari perhatian Nya  (pan jadi biji mataNye ) .. huhuhuhuuuuuu gw dapet ayat ini :

Kamu akan Kuberikan hati yang baru, dan roh yang baru di dalam batinmu dan Aku akan menjauhkan dari tubuhmu hati yang keras dan Kuberikan kepadamu hati yang taat – Yeh 36:26

NEW HEART 

kalo sebelumnya gw masih jadi outsider dan bisa hancur hati pas doain kota gw, sekarang harusnya lebih hancur lagi kalo gw tau kondisi yang lebih real krn gw uda tinggal dan berinteraksi langsung dong. Iya ga ? Hati gw mau dilembutkan lagiii !! cihuuyyy … gw beberapa kali kepentok ama pihak-pihak terkait kerjaan. Gw milih buat ga share detail disini. Intinya gw pernah pait banget ama satu ibu yang ngomongnya nyelekit n gw ngerasa disia-siain … (edisi FTV bo). Gw nyadar, Ego gw lagi diancur-ancurin. Biar ga usah berasa sombong, congkak, sok paling oke, paling bisa, kata pace mace sih, jang sampe bikin diri inti! ~_~

Tetapi hendaklah kamu ramah seorang terhadap yang lain, penuh kasih mesra dan saling mengampuni, sebagaimana Allah di dalam Kristus, telah mengampuni kamu. Efesus 4 : 32

(ɔ˘⌣˘)˘⌣˘c)    << mesraa cuyyy ;p

Perlu usaha ekstra keras buat gw lagi pas mau mulai hari baru n siap keluar rumah, walhasil suka ngomong sendiri dibalik helm, gw cintaaaa kupaangg … gw sayangg orang kupaangg… gw banggaa jadi orang kupanggg .. trus nyanyi-nyanyi sendiri… lagu-lagu sekolah minggu yang riang , when you believe pake seriosa seriosa nya segala lah sampe sering diliatin pas lampu merah, hahaha, gw cengar cengir aja …

Bukan berarti kondisi jadi menyenangkan, tapi gw ngerasa hati gw mulai semangat lagi. Gw juga lagi ngerancang satu program (cailehh, jebolan LK po ra? :p) buat anak-anak sekitar rumah gw, bantu doa yaa … masih penggodokan konsep, kapan-kapan gw sharing kalo uda mulai jadi. Excited !! (з´⌣`ε)

Well, kedepan gw juga kudu perkuat pertahanan hati nih biar ga gampang jebol n jatuh dalam kedongkolan-kedongkolan kecil yang berefek serius. Terakhir gw nanya, belom ada pembagian mata kuliah n kelas, yeah gw sabar-sabar aja n siap segala sesuatu. Konon kabarnya emang pake sistem mepet. Beberapa hari baru dikabarin. Halleluyahhh! gw banget tuh, suka spontanitas.. hihiihii #ngasal

Satu hal lagi yang sangat manis buat kita anak-anak yang lagi diproses, lagi dalam situasi seakan terlupakan / terbuang … Bapa bilang gini :

“… Aku tidak akan melupakan engkau, Lihat aku telah melukiskan engkau di telapak tangan-Ku … “– Yesaya 49 : 15-16

 ouuuchhh soooo sweet 🙂

love yaa, Mey

2 thoughts on “Berkat di Tanah Kering

  1. Ameennn..
    will always pray for your vision on our city dear..=)
    lutut ini gak akan pernah capek berdoa untuk kota itu..kota itu emang butuh anak-anakNya yang mau membelanya..sooner or later, mercusuar itu akan kembali bersinar, menerangi sekeliling dan bunga-bunag akan kembali bermekaran disana..
    that’s His promise to me for our beloved city..
    smangat dear=D

  2. dear Pretty .. I thank God, He answered my pray throughout the community … they give me hope, that there is exist young people who choose to be righteous in God’s eyes. well, togetherness is better than one 🙂
    miss youu .. n hope you will join us later !!! ye ye yeeeahhh

Leave a Reply

